Sabtu, 11 Januari 2014

Daerah Jambi Barat

Kerinci Diterjang Banjir & Longsor

Sabtu, 11 Januari 2014 | 08.03
banjir

SaktiNews.com - Kerinci, Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Kerinci sejak Kamis (9/1) mengakibatkan banjir di empat Kecamatan di Kabupaten Kerinci. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Batang Merao dan Danau Kerinci.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci Darifus membenarkan kejadian tersebut. Dirinya mengatakan ada beberapa kecamatan di Kabupaten Kerinci diterjang banjir. Dia mengatakan daerah yang diterjang banjir yakni, Desa Desa Baru Kubang, Lubuk Suli, Ladeh dan Desa Kayu Aho Mangkak, Kecamatan Depati VII, kemudian Desa Kemantan, Kecamatan Air Hangat Timur, Desa Batu Hampar Kecamatan Kayu Aro Barat dan Desa Kotobaru Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci.

Tidak hanya merendam rumah warga, banjir juga merendam 30 hektar sawah masyarakat Danau Kerinci. "Sawah di Danau Kerinci 30 hektar terendam air," ungkapnya.

Malah longsor juga terjadi di Kecamatan Gunung Kerinci, yakni antara Desa Soko Pangkat dan Desa Sungai Betung. "Ya, juga terjadi longsor di Kecamatan Gunung Kerinci," ungkapnya.

Dikatakannya, diperkirakan ratusan rumah yang dihuni 300 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Depati VII diterjang banjir. Sementara itu ratusan rumah di Kecamatan lainnya juga diterjang banjir. Beruntung tidak ada warga yang mengungsi. "Data pastinya belum ada, petugas masih melakukan inventarisir dilapangan," ujarnya.

Mengenai kerugian, pihaknya juga masih menginventarisir dilapangan. "Untuk bantuan bahan makanan kita koordinasi dengan Dinsosnakertran," ucapnya.
Komentar
 

Category 2

.