Jumat, 07 Februari 2014

Daerah News Pilkada

Demi Kepentingan Kerinci, Murasman Diminta Legowo

Jumat, 07 Februari 2014 | 11.22
H. Murasman Harus Legowo
SaktiNews.com, Kerinci – Beberapa kejadian di Kabupaten Kerinci khususnya di wilayah Kerinci bagian mudik yang merupakan daerah asal dari kedua calon bupati yaitu Adirozal pemenang Pilkada Kerinci 2014 – 2019 yang berasal dari Kecamatan Siulak dan Murasman Bupati incumbent yang juga merupakan putra tanah sekudung pasnya Siulak Mukai, pasca Penetapan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) pemenang Pilkada Kerinci, suasana Kerinci seakan mencekam. Setidaknya Harian Jambi mencatat sampai kamis (6/1) malam telah terjadi setidaknya Sembilan kejadian Kebakaran mulai dari pos penjaga di .

Hal itu membuat sejumlah kalangan menilai ada pihak menjadi provokator atas sejumlah Kejadian yang terjadi secara beruntun pasca Pleno KPU Kerinci yang melaksanakan perintah MK untuk menetapkan pasangan Adzan sebagai pemenang Pilkada Kerinci.

Herman Muchtar Ketua DPP MPK Kabupaten Kerinci mengaku perilaku bakar-membakar bukanlah budaya orang Kerinci yang selama ini cukup dikenal sebagai daerah yang ramah dan tertib di Provinsi Jambi, seperti dikutip dari harian jambi

“Masyarakat harus diajar melek hukum jangan bertindak semaunya, iya ini bukan budaya Kerinci. Kalau saya bilang itu tindakan kurang waras,” kutuknya.

Ia menceritakan ketika ia maju sebagai calon bupati Kerinci pada tahun 2009 lalu di mana pertarungan perebutan Kursi BH 1 DZ waktu itu dimenangkan oleh Murasman-Rahman dengan prisip demokrasi ia mengaku langsung mengucapkan selamat kepada Murasman.

“Saya sewaktu maju di Pilkada Kerinci, ketika kalah ya saya langsung ucapkan selamat kepada H Murasman, karena itu pilihan terbaik yang ditentukan oleh rakyat,” katanya.

Ia juga mengharapkan H. Murasman melakukan hal yang sama untuk legowo dan berjiwa besar sebagai seorang tokoh, terlebih kondisi politik dan kantibmas masyarakat yang saat ini kian memanas.

“Saya sudah telpon Pak Murasman beliau sebut sudah tidak ada masalah lagi namun beliau mengatakan tim sukses yang masih bersikeras untuk melakukan upaya-upaya lain,”cerita Herman terkait pembicaraannya dengan Bupati Kerinci H. Murasman.

“Ini sudah final dan tidak bisa dibatalkan lagi oleh Ketua DPRD atau oleh Presiden sekalipun,” tambah Herman.

Untuk itu ia meminta warga masyarakat Kerinci untuk berpikir jernih dan menerima hasil Pilkada Kerinci.

Dan kepada pihak Adirozal – Zainal Abidin MPK juga berharap untuk tidak eporia dengan kemenangan.

Dengan sejumlah kejadian pembakaran perumahan, perkantoran pihak MPK meminta Polres Kerinci menangkap pelaku. “Tangkap saja pelakunya, inikan bukti kalau Intel lemah dan tidak jalan, seharusnya Intel sudah lebih dulu tahu kemungkinan akan kejadian,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Akmal Thaib Ketua DPD MPK Jambi, ia mengarapkan semua pihak bisa menahan diri dan menerima hasil putusan MK yang bersifat final dan mengikat sehingga tidak bisa ditawar-tawar lagi terkait pemenang Pilkada.

“Iya harus legowo, Kerinci harus lebih baik dan lebih maju, visi yang belum selesai bisa dilanjutkan lagi, sehingga masyarakat tidak dikorbankan dengan konflik yang terjadi saat ini,”katanya.

Karena Kerinci menurutnya harus lebih maju lagi terutama dibidang infstruktur yang saat ini dalam kondisi memprihatinkan, sehingga para pemimpin jangan terlena dengan kepentingan pribadi dan golongan. (zen/harianjambi)
Komentar
 

Category 2

.