Kamis, 19 Desember 2013

Teknologi

Tahukah Anda? Mengapa Google Mendominasi Search Engine?

Kamis, 19 Desember 2013 | 16.32
google
SaktiNews.com - Jakarta, Dari beberapa search engine di internet, Google merupakan search engine paling populer dan yang paling banyak digunakan oleh netter. Meskipun bukan search engine pertama yang muncul di internet, sat ini Google tak sebatas membantu pengguna dalam pencarian dokumen saja. Google membuat para penggunanya familiar dengan kata “Googling”.

Berikut ini adalah 6 alasan mengapa Google mendominasi dan menjadi terfavorit agi netter.

1. Google memiliki kemampuan menampilkan hasil pencarian yang relevan.

Google sudah mengetahui apa yang anda cari meskipun anda belum mengetikkannya secara lengkap. Pencarian dengan Google sangat menguntungkan pengguna karena mampu menampilkan data-datayang akurat.

2. Google menyediakan arsip salinan dokumen web yang telah dihapus oleh pemilik maupun server asal.

Pernahkah anda mengunjungi suatu situs yang terpampang pada hasil pencarian google namun ternyata situs tersebut sudah tidak ada? Inilah salah satu kelebihan google yang memungkinkan penggunanya mendapat informasi meskipun dokumen yang dicari sudah dihapus oleh servernya.

3. Google menyediakan hasil pencarian dalam berbagai format.

Bagi saya, ini adalah salah satu keunggulan yang sangat membantu pengguna. Kita tidak hanya bisa mengunjungi situs yang sesuai dengan kata kunci yang kita masukkan, tetapi file yang berhubungan dengan kata kunci yang kita masukkan. Misalnya anda mengetikkan “tutorial komputer”. Selain akan menampilkan link, Google pasti menyediakan pula file-file berupa pdf, doc, video dan lain-lain.

4. Peluang mendapatkan informasi lebih besar.

Google telah mengindeks 5 milyar lebih dokumen, yang membuat pencarian anda menjadi semakin gampang.

5. Pendekatan yang cerdas

Google memfasilitasi penggunanya dengan berbagai trik pencarian yang justru jarang digunakan oleh pengguna. Misalnya, cara mencari data dengan format khusus, cara mempersempit pencarian, dan lain-lain.

6. Apa yang anda cari ada di Google.

Saya pribadi berpikiran bahwa Google merupakan search engine dengan fasilitas yang lengkap. Google menyediakan Gmail, yang digadang-gadang sebagai salah satu penyedia email yang terjamin keamanannya, memberikan akun blogspot secara Cuma-Cuma bagi penggunanya, youtube juga memanjakan penggunanya untuk sharing video dengan mudah, menyediakan fasilitas pertemanan melalui G+, memberi bantuanterjemahan bahasa melalui Google Translate dan sebagainya. Fitur-fitur ini membuat pengguna Google merasa “cukup dengan google saja”.
Komentar
 

Category 2

.