Jumat, 20 Desember 2013

Nasional

Dahlan Pecat Dua Bos BKI Karena Golf

Jumat, 20 Desember 2013 | 11.50
dahlan
SaktiNews.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tampaknya tak mau kompromi terhadap pimpinan perusahaan pelat merah yang menyalahgunakan jam kerja. Salah satunya, kasus direksi yang bermain golf ketika jam kerja. Mantan Dirut PLN itu mengklaim sudah memutuskan untuk memberhentikan dua direksi PT Biro Klasifkasi Indonesia (BKI) yang ketahuan bermain golf ketika jam bekerja berlangsung.


Dahlan menjelaskan, pihaknya sudah memeriksa dugaan direksi BKI yang menyalahgunakan waktu kerja. Hasilnya, pihak kementerian menemukan bukti terhadap dua direktur di sana. Salah satunya adalah Direktur Utama PT BKI Ibnu Wibowo yang sebelumnya menjabat direksi PT Pann Multi Finance. " BKI yang main golf diberhentikan. Yang ada buktinya dua. Satunya dirut (direktur umum). Dan satunya lagi ada dalam jajaran direktur," kata Dahlan di Jakarta kemarin (19/12).

Soal identitas direktur lain, Dahlan belum mau mengungkapkan. Saat ini, terdapat seluruh direktur PT BKI terkena dugaan bermain golf pada saat jam kerja. Selain Ibnu Wibowo, Direktur Keuangan dan SDM Anang Sundana juga mendapat dugaan sama. Sedangkan dua orang lainnya adalah Direktur Teknik Iman Satria Utama dan Direktur Pengembangan Usaha Ibrahim Gouse.

Ketika ditanya mengenai sisa dua direktur yang masih belum dipecat, Dahlan mengaku bakal menunggu perkembangan. Jika memang ke depan ada bukti aktifitas tersebut, maka dia bakal tegas mengganti dua orang yang tersisa.

Meski mengosongkan dua jabatan tinggi di BKI, Dahlan mengaku tak perlu menunjuk pelaksana tugas sementara. Sebab, perusahaan negara yang begerak di bidang pengkategorian kapal itu bakal melalui proses RUPS (rapat pemegang saham umum) hari ini (20/12). Dia mengatakan, pihaknya sudah punya kandidat-kandidat untuk mengisi jabatan tersebut. "Tidak ada PLT. Nanti bisa diutuskan Dirut baru, nama-namanya sudah ada sih," ungkapnya.

Kasus tersebut dimulai saat Dahlan mendapat laporan mengenai direksi BKI yang bermain golf. Padahal, Pria asal Magetan ini pernah mengeluarkan semacam edaran kepada pejabat BUMN agar tidak bermain golf di hari kerja. Imbauan tersebut dibuat setelah merebaknya kasus suap Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini yang diduga berawal dari lobi-lobi di lapangan golf.

Direktur Utama BKI Ibnu Wibowo pun menolak memberi komentar. Sewaktu ditanya sebelumnya, Ibnu tak mengeluarkan bantahan terhadap dugaan tersebut. Dia justru mengaku pasrah jika jabatannya dicopot. "Tanya ke pak Dahlan. Jangan ke kami. Menteri kok di lawan. Saya ikhlas disudutkan. Kalau saya dicopot sekarang saja Alhamdulillah kok,” ungkapnya.
Komentar
 

Category 2

.