Jumat, 18 Januari 2013

Pilkada

Akhir Januari PAN Kerinci Tetapkan Calon Bupati

Jumat, 18 Januari 2013 | 15.03

Rencana Pleno PAN 26 Januari 2013

KERINCI — Keinginan H Murasman merapat ke Partai Amanat Nasional (PAN) direspon kalangan elit DPD PAN Kabupaten Kerinci, Jambi. Bahkan PAN Kerinci mengaku dekat dengan Bupati Kerinci yang akan kembali mencalonkan diri itu.
Meski terbilang dekat dengan partai PAN, bukan berarti Murasman bisa langsung menguasai PAN untuk menghadapi Pemilukada Kerinci tahun ini. Pasalnya, Murasman mesti memenuhi syarat tertentu yang telah ditetapkan PAN.

“Pak Murasman bisa saja kami usung. Tapi, ini sudah kesepakatan kader PAN Kerinci, Murasman harus membawa pendamping dari kader murni PAN,” ungkap Ketua MPP PAN Kerinci, Liberty.
Menurut Liberty, persyaratan tersebut sudah umum. Tidak hanya Murasman, semua calon juga dibebankan syarat itu. PAN cukup simpel, calon mesti menetapkan pendampingnya dari kader murni PAN.
“Kalau calon bupati diluar kader PAN berasal dari mudik, pendampingnya kader PAN dari hilir. Jika calon bupati dari hilir, pendampingnya dari mudik,” ujar Liberty.

Saat ini di daerah hilir PAN telah memiliki kader, seperti Bulkiah yang sekarang duduk di DPRD Kerinci. Dari mudik kadernya terbilang banyak, diantaranya Yuldi Herman dan Andarno.
Bila nanti calon bupati yang diusung PAN dari mudik, tidak mungkin calon wakilnya kader PAN dari mudik juga, karena mereka satu daerah asal.

Sekretaris DPD PAN Kerinci, Andarno, membenarkan Murasman merupakan salah satu calon kandidat kuat untuk mengemudikan PAN. Namun, dalam pelaksanaan penetapannya harus selektif.
Penetapannya harus melalui pleno. Rencananya pleno digelar 26 Januari mendatang. Awalnya pleno akan dilaksanakan 16 Januari lalu, tapi batal.

Andarno mengungkapkan, dalam penetapan calon Bupati Kerinci dari lima menjadi dua calon, nanti akan dihadiri Korwil DPP PAN untuk Provinsi Jambi, H Bakri, yang juga anggota DPR-RI. Tempatnya disiapkan di Kayu Aro.

Wakil Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Yos Adrino Adnan, dan Ketua DPD PAN Kerinci, Yuldi Herman, membenarkan adanya rencana pleno PAN 26 Januari 2013. (infojambi.com/DIE)
Komentar
 

Category 2

.