Kamis, 21 Februari 2013

Pilkada

Warga Kerinci Diminta Gunakan Hak Pilih

Kamis, 21 Februari 2013 | 16.26
Cikop News-KERINCI– Minimnya partisipasi pemilih pada Pilkada Kerinci 2008 lalu, menjadi perhatian Kesbangpol Linmas Provinsi Jambi. untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi lagi Pilkada 2013 ini, Kesbangpol Linmas mengimbau kepada warga Kerinci, terutama bagi pemilih-pemilih pemula, untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan aturan yang ada.

“Disinilah peran pemerintah untuk memberikan informasi dan mensosialisasikan peraturan yang berkaitan dengan Pilkada, etika dan budaya politik,” ujar Kepala Bidang Partisipasi Politik Kesbangpol Provinsi Jambi, Pahari di hadapan puluhan pelajar dan mahasiswa pada sosialisasi etika dan budaya politik bagi kalangan muda dan mahasiswa.

Menurutnya, sosialisasi ini merupakan sarana pembelajaran kepada pemilih-pemilih pemula untuk memahami hak dan kewajiban serta tanggungjawab mereka selaku warga Negara.

“Politik demokrasi yang baik adalah politik yang santun dan saling menghargai, serta tidak saling memfitnah. Untuk itu kami juga berharap dalam pelaksanaan Pilkada nanti, masing-masing kandidat dan tim suksesnya bisa saling menghargai dan menjaga ketentraman,” katanya.

Sementara itu, Subbid Pendidikan Politik Kesbangpol Linmas Kerinci, juga mengharapkan pemilih di Kerinci bisa menggunakan hak pilihnya.

“Tahun 2008 lalu partisipasi pemilih kita hanya 60 persen. Ini masih tergolong rendah, karena seharusnya minimal jumlah partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya mencapai 70 persen,” jelasnya.
(jambiekspres/dik)
Komentar
 

Category 2

.