Sabtu, 09 Februari 2013

Nasional

Konflik PD: SBY Lakukan Pembonsaian Politik ke Anas

Sabtu, 09 Februari 2013 | 01.39
Cikop News-JAKARTA -Keputusan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengambil alih wewenang Anas Urbaningrum selaku ketua umum, merupakan upaya pembonsaian politik, meski dilakukan atas nama penyelamatan partai.

"Intinya, SBY sedang melakukan korporatisme politik atas posisi Anas. Istilah gampangnya, sedang melakukan pembonsaian politik, dengan memosisikan Anas masih sebagai ketua umum secara de jure, tapi secara de facto diambil alih majelis tinggi, di mana SBY sebagai ketuanya," tutur pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto kepada Tribunnews.com, Jumat (8/2/2013).

Meski begitu, lanjut Gun Gun, dalam pidatonya SBY masih belum memperlihatkan ketegasan, dan ini bisa saja ditafsirkan berbeda oleh Anas Urbaningrum.

Misalnya, lanjut Gun Gun, soal permintaan SBY ke Anas yang harus fokus ke masalah hukum yang dituduhkan, karena sampai sekarang Anas belum menjadi tersangka.

"Gaya bahasa SBY selalu demikian, high context culture, tidak to the point, diplomatis meski maksudnya terbaca, yakni SBY menginginkan Anas fokus dulu menghadapi kasus hukum. Karena, masih belum eksplisit juga permintaan SBY, bisa saja Anas menafsirkan berbeda. Saya melihat, meskipun secara wacana nampak detail, tapi di sana-sini sangat bersayap dan menampilkan kalimat retoris yang multitafsir," paparnya.

Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute menambahkan, dalam posisi seperti ini Anas Cs juga akan melihat perkembangan, dan belum akan mengambil langkah selanjutnya, termasuk berkonsolidasi dengan DPD dan DPC yang juga merupakan basis pendukung Anas.

"Saya kira Anas dkk akan melihat perkembangan, saya yakin Anas masih akan memberi tafsir berbeda tentang posisinya," ucap Gus Gus. (Tribunnews.com)
Komentar
 

Category 2

.