Sabtu, 16 Maret 2013

Polhuk

Semurup Rapatkan Barisan Tanggapi Masalah Dapil

Sabtu, 16 Maret 2013 | 16.46
SaktiNews.com, Kerinci- Kejanggalan Daerah Pemilihan (Dapil) Kerinci, yaitu masuknya Kecamatan Air Hangat Barat ke Dapil 4 (siulak) yang telah membuat masayarakat Semurup protes, dan kejanggalan  ini terungkap setelah utusan yang diutus ke KPU Pusat oleh Masyarakat Semurup, menemui Anggota KPU Pusat 14/03 di Jakarta, bahwa surat KPU Kerinci yang diajukan ke KPU Pusat tertanggal 14 Februari 2013, bukan hasil Koordinasi Uji Publik tanggal 28 Februari 2013.

Jum'at malam 500 tokoh masyarakat Semurup melakukan Musyawarah bahas kec. Air Hangat Barat yang pisah dari kec. Air Hangat, acara diawali oleh laporan Ketua Umum Persatuan Pemuda Tigo Luhah Semurup (PP-TLS) selaku pengundang, hadir pada malam itu antara lain, Depati yang butigo, pemangku yang buduo, paramenti yang delapan, Anggota DPRD Kerinci asal Semurup, Para kepala desa, ketua BPD, Alim Ulama, Depati Ninik Mamak, Cendikian dan Pemuda.

Dalam Sambutan Norzal Hadi selaku Ketum PP-TLS, ia menyatakan sangat kecewa dengan pembagian dapil ini, seolah-olah semurup telah dikotak-kotak atau di cabik-cabik, baik secara sejarah, sosial budaya, adat istiadat dan persatuannya, maka dia meminta semua elemen yang perkumpul malam ini 15/3 (malam kemaren. red)  untuk mengambil sikap tegas dalam menyelesaikan Dapil 3 dan dapil 4.

Acara dilanjutkan mendengarkan laporan dari utusan yang ke KPU Pusat, yang disampaikan oleh Hatirman, Dpt, S.Pd

"Kami yang diutus ke KPU Pusat telah ketemu dengan Ketua KPU Pusat dan anggota Arif Budiman (Korwil Sumatera. red). dan telah kita laporkan secara langsung kepada mereka secara rinci, bahwa kec. air hangat barat dan air hangat adalah daerah yang tak dapat dipisahkan secara adat istiadat, sejarah, sosial budaya dan geografis." ujar Hatirman anggota DPRD Kerinci ini.

Ia melanjutkan, Ketua KPU dan pak Arif juga terkejut mendengarkan penyampaian kita, kenapa daerah ini bisa beda Dapil, ternyata KPU Kerinci mengajukan Dapil surat tertanggal 14 Februari bukan hasil uji publik tanggal 28 februari, dan mereka akan menindak lanjuti laporan masyarakat Semurup. ungkapnya.

Nopantri, SP salah satu utusan ke KPU Pusat juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat masalah dapil 3 dan dapil 4 akan diplenokan, dan KPU Pusat menyapaikan kepada kami bahwa yang berwenang merubah ini adalah KPU Pusat, semoga saja dalam waktu dekat masalah ini akan selesai. Ungkap Ketua DPD PKS Kerinci ini.

Heri Purwanto menambahkan bahwa saya sudah datang ke KPU propinsi Jambi menanyakan hal ini, ia menyebutkan bahwa Dapil untuk Kerinci tidak dibahas oleh KPU Propinsi karena laporannya Kerinci tidak ada masalah, dan saya selaku Ketua Komisi 1 DPRD Kerinci merasa tertipu oleh kelakuan KPU kerinci, bahwa mereka tidak mengindahkan hasil uji publik yang dihadiri Ketua Parpol, pemerintah daerah, tokoh masyarakat tanggal 28 Februari. ungakap anggota DPRD kerinci ini

Ia Melanjutkan bahwa ini sudah ada niat awal mau memecahkan tigo luhah semurup, bahwa rencana awalnya memang KPU Kerinci memasukkan Air hangat barat ke dapil 4, setelah kita perjuangkan di uji publik, kec. air hangat barat kembali ke dapil 3, tapi yang diajukan tetap rencana awal KPU kerinci, yaitu air hangat barat masuk dapil siulak, ungkap Heri Purwanto

Masyarakat pun bulat satu kata, bahwa kec air hangat barat harus tetap di Dapil 3,
perwakilan dari tokoh Adat Zukri.M, BA, Dpt "tidak ada alasan untuk memecahkan air hangat barat dari air hangat, bahwa daerah ini adalah satu, yaitu Tigo Luhah Semurup, kalau Dapil dipecahkan maka semurup akan terkotak-kotak" ungkap tokoh adat dari depati mudo ini.

Dari utusan pemuda juga berbicara keras, bahwa penyatuan dapil air hangat dan air hangat barat adalah Harga Mati, tidak ada nego-nego lagi, kalau dalam 1 minggu KPU tidak merealisasikan, KPU Kerinci Harus kita Kepung, ungkap Gaprizal bersemangat

Utusan dari Kepala Desa Pun juga sepakat, bahwa air hangat barat dan air hangat tidak bisa dipisahkan, kami dari kepala desa siap ikut memperjuangkannya sampai ke Jakarta, ungkap Kepala desa koto diair

Aprizal. HS yang mewakili tokoh cendikiawan pun mengungkapkan hal yang sama, kalo dapil air hangat barat ini masih di dapil 4, maka semurup sangat dirugikan, baik secara politik, maupun adat istiadat, sosial budaya, pemisahan ini sangat berbahaya untuk masa yang akan datang, ungkapnya... (red)






Komentar
 

Category 2

.