Sabtu, 09 Maret 2013

Polhuk

78 Peserta Rebut Kursi KPUD Provinsi Jambi

Sabtu, 09 Maret 2013 | 18.22
SaktiNews.com, JAMBI – Memasuki hari terakhir pendaftaran calon anggota KPUD Provinsi Jambi kemarin (8/3), tercatat ada 78 peserta yang telah menyerahkan berkas pendaftaran. Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPUD Provinsi Jambi Ansorullah.

“Tercatat ada 78 peserta yang telah mengembalikan formulir. Ini bisa saja bertambah, karena peserta yang mengirim melalui Pos dengan cap pos tertanggal 8 Maret bisa kita terima. Akan tetapi lewat dari tanggal tersebut jelas tidak bisa lagi kita terima,” ujarnya.

Menurut dia, dari 78 peserta yang ada tersebut, memiliki latar belakang yang bermacam-macam. Misalnya, ada dari kalangan akademisi, masyarakat dan profesional. Disamping itu, juga ada anggota KPUD Provinsi Jambi dan kabupaten yang masih aktif juga ikut mendaftar.

Lantas apa tahapan selanjutnya, kata Ansorullah dimana untuk seleksi administrasi akan dilakukan pada tanggal 12 Maret 2013. “Dalam seleksi tersebut, kemungkinan ada peserta yang gugur. Misalnya melihat ada persyaratan yang tidak lengkap atau melihat makalah terstruktur yang ada tersebut,” katanya.

Diketahui, sesuai dengan UU nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara Pemilu, dimana salah satu persyaratan yakni usia minimal 30 tahun, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih; bersedia bekerja penuh waktu. 

Berikutnya, bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama masa keanggotaan apabila terpilih; dan tidak berada dalam satu ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.

“Yang pada intinya, dalam proses perekrutan ini kita tetap mengacu peraturan perundang-undangan yang berlaku,” sambung Ansorullah. Lebih lanjut, kata dia secara tekhnis dalam seleksi ini, Timsel Calon Anggota KPUD Provinsi Jambi yang terdiri dari Ansorullah, Yazirman, Syamsir, Zulfa Achmad dan Dr Fadhillah telah membuat beberapa tahapan. 

Untuk seleksi administrasi mulai tanggal 9-11 Maret, dan dilanjutkan dengan seleksi tertulis 14 Maret. Berikutnya, tes kesehatan dan tes psikologi tanggal 15-23 Maret 2013 dan dilanjutkan dengan seleksi wawancara tanggal 7-8 April 2013. (jambi-independent)
Komentar
 

Category 2

.