Sabtu, 19 Juli 2014

Polhuk

Obama: Separatis Pro-Rusia Bertangungjawab Terhadap Penembakan MH17!

Sabtu, 19 Juli 2014 | 02.20

SaktiNews.com, Washington - Presiden Amerika Serikat Barrack Obama menuding pelaku penembakan rudal ke pesawat Malaysia Airline MH 17 dilakukan oleh kelompok separatis pro-Rusia. Bahkan Obama mengkritik Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai pihak yang juga harus bertanggungjawab dalam tragedi mengerikan ini.

Dalam pidatonya di Gedung Putih, Jumat (18/7) waktu setempat, suami dari Michelle LaVaughn Robinson Obama ini mengatakan, bahwa rudal yang ditembakan dari darat ke udara berasal dari wilayah yang dikuasai kelompok separatis pro Rusia di timur Ukraina.

Obama mengatakan, Putin seharusnya dapat menekan tensi kekerasan antara Rusia dan Ukraina. Namun, dia tidak memilih langkah tersebut. Bahkan Rusia terus membiarkan bantuan persenjataan kepada kelompok milisi tersebut, termasuk senjata anti pesawat dan sejumlah aliran dana.

"Jika Putin membuat keputusan bahwa untuk menghentikan aliran senjata dan pejuang ke Ukraina, itu akan berhenti," kata Obama.

Obama menyerukan dilakukan penyelidikan internasional yang kredibel terkait jatuhnya MH17. "Ini adalah tragedi global," katanya.

Dia mengatakan, Rusia, separatis pro-Rusia, dan Ukraina seharusnya mematuhi gencatan senjata. "Sangat penting bagi kita untuk menyadari bahwa peristiwa memalukan ini menegaskan bahwa sudah waktunya untuk perdamaian dan keamanan akan dipulihkan di Ukraina," katanya.

SaktiNews.com Email : kerincisaktigrup@gmail.com Twitter : @sakti_news
Komentar
 

Category 2

.