Kamis, 09 Oktober 2014

Daerah News

Festival Danau Kerinci 2014 Akan Tampil Unik

Kamis, 09 Oktober 2014 | 16.42

SaktiNews.com, KERINCI - Untuk memeriahkan pelaksanaan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci (FMPFK), yang digelar dari 15-18 November, berbagai kesenian dan kebudayaan khas Kerinci akan ditampilkan. Terbagi dalam tiga zona.

Agar kemasan kegiatan bisa lebih baik dan menghibur, serta menarik minat wisatawan, panitia pelaksana turun ke desa-desa untuk memantau kebudayaan atau kesenian yang dinilai spesifik unik.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kerinci, Ardinal, dikonfirmasi mengakui hal itu. Disampaikannya, panitia sudah menyiapkan berbagai kegiatan, terutama yang memiliki nilai kebudayaan dan kesenian.

"Sejak Sabtu kemarin tim sudah turun ke kecamatan, untuk memantuan kesenian dan kebudayaan yang memiliki nilai spesifik unik," katanya, menjelaskan persiapan FMPDK, Rabu (8/10).

Menurutnya, jika dianggap layak dan memenuhi syarat, nantinya dipersiapkan untuk tampil di FMPDK. "Kerinci kaya dengan kebudayaan dan kesenian. Ini tentunya bisa menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan," ujarnya.

Satu spesifik unik yang akan ditampilkan nanti, yakni Ngayun Luci. Ini merupakan tradisi lama yang berasal dari Kecamatan Sulak Mukai. "Selain itu ada Niti Mahligai, serta berbagai jenis tarian," katanya lagi.

Secara administrasi, persiapan FMPDK sudah rampung, hanya tinggal menunggu pelaksanaannya saja. "Semua warga akan dilibatlkan, tidak hanya di Danau Kerinci saja. Ini bertujuan agar semua wilayah Kerinci merasakan adanya FMPDK ini," Ardinal menjelaskan.

Katanya, ada tiga zola yang akan menjadi lokasi pelaksanaan FMPDK. Seperti di Kayu Aro, Semurup, dan pusatnya di Danau Kerinci. "Nanti masing-masing kecamatan akan diberikan kesempatan untuk mengisi acara di tiga zona itu," ujarnya.

Sementara itu, untuk undangan sendiri sudah mulai berjalan. Di mana, setiap bupati dan wali kota di Provinsi Jambi, dan kabupaten-kabupaten tetangga, diharapkan bisa hadir. "Ada juga undangan untuk kementerian, dan tamu istimewa dari negara jiran," ujarnya lagi.

Undangan tersebut, nantinya akan diinapkan di rumah-rumah warga di Kayu Aro. "Kita juga sudah mempersiapkan homestay. Nanti akan ada kendaraan khusus yang akan mengantar dan menjemput mereka," pungkasnya.


SaktiNews.com Email : kerincisaktigrup@gmail.com Twitter : @sakti_news


Sumber: tribunjambi
Komentar
 

Category 2

.